Keajaiban Warna Pelangi






KISAH dibalik warna PELANGI

Banyak orang bilang bahwa pelangi adalah jalan turunnya bidadari-bidadari dari langit menuju bumi. Karena keindahan warnanya pula pada zaman dahulu seseorang kerap kali  memanjatkan doa dan permohonan berkaitan dengan apapun yang mereka inginkan. Mereka percaya bahwa pelangi (yang mereka anggap sebagai jalan bidadari itu) sebagai jalan untuk mempermudah dan mempercepat terkabulnya permohonan mereka. keindahan warna pelangi juga merupakn fenomena alam yang unik dan langka. mengapa demikian ?
Sekarang coba kita jelaskan...

Proses terbentuknya pelangi bukan hanya kisah belaka melainkan ada penjelasannya. Bila jaman dahulu orang percaya sebagai jalanya para bidadari, mungkin karena mereka dulu belum mengerti tentang ilmu pengetahuan seperti sekarang ini, mereka hanya terpesoa dengan warna-warni pelangi dan menciptakan khayalan sebagai refleksi kekaguman mereka.
untuk lebih jelasnya berikut proses terjadinya pelangi yang sesungguhnya...

 Pelangi atau bianglala itu adalah gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang deras.

Cahaya matahari adalah cahaya polikromatik (terdiri dari banyak warna). Warna putih cahaya matahari sebenarnya adalah gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Mata manusia sanggup mencerap paling tidak tujuh warna yang dikandung cahaya matahari, yang akan terlihat pada pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.
http://pixabay.com/static/uploads/photo/2013/07/13/09/40/colors-155896_640.png


Panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis-garis paralel, tiap warna bernuansa dengan warna di sebelahnya. Pita ini disebut spektrum warna. Di dalam spektrum warna, garis merah selalu berada pada salah satu sisi dan biru serta ungu di sisi lain, dan ini ditentukan oleh perbedaan panjang gelombang.

Pelangi tidak lain adalah busur spektrum warna besar berbentuk lingkaran yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Ketika cahaya matahari melewati butiran air, ia membias seperti ketika menembus prisma kaca dan keluar menjadi spektrum warna pelangi. Jadi di dalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda-beda berderet dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air. Cahaya keluar kembali dari tetesan air ke arah yang berbeda, tergantung pada warnanya. Warna-warna pada pelangi ini tersusun dengan merah di paling atas dan ungu di paling bawah pelangi.

Pelangi terlihat sebagai busur dari permukaan bumi karena terbatasnya sudut pandang mata, jika titik pandang di tempat yang tinggi misalnya dari pesawat terbang dapat terlihat sebagai spektrum warna yang lengkap yaitu berbentuk lingkaran. Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari di belakang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat, dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTjyK44uEIdcVafOqRyxMIgMBISXFJr2aY-nTa4qctYM_piSOGJ7A



Pelangi adalah ciptaan Yang Maha Kuasa yang benar-benar indah. tak ayal semua orang mengagumi warna pelangi. bagaimana dengan menciptakan pelangi buatan kita sendiri...???

Kita bisa lho menciptakan pelangi sendiri Cara pembuatan pelangi sebenarnya tidak begitu sulit, hanya dengan bermodalkan air, pompa, selang, dan barang-barang disekitar kita, cuaca cerah yang mendukung serta sinar matahari yang cukup sudah dapat menciptakan pelangi sendiri. Memang akan berbeda dengan pelangi yang secara alam terjadi, baik dari diameter lengkungannya dan lama waktu dari pelangi tersebut dapat dinikmati. tapi hal ini cukup mengasyikkan untuk dicoba.

Cara 1  :
Caranya pake semprotan spry air. Pelangi itu muncul biasanya setelah hujan, itu disebabkan karena setelah hujan butiran - butiran air hujan di udara masih ada dan terkena pancaran sinar matahari jadilah pelangi, oleh karena itu coba pada saat pagi atau sore hari kamu semprot air dengan spry sehingga menciptakan butiran air yang berterbangan yang mengenai pancaran matahari, maka munculah pelangi dihadapan kita.

Cara 2  :
Ini cara yang paling gampang dan biasanya juga kita lakukan tanpa sadar.
dengan keping CD yang warna warni, kamu pantulkan saja ke cahaya matahari lalu arahkan ke dinding atau plafon rumah.

Cara 3  :
Menggunakan segelas air. Siapkan segelas air (gunakan yang berkaca bening). – Letakkan gelas tersebut di atas meja di depan jendela kaca yang terkena sinar matahari (cari yang paling terang). sekarang, simpan selembar kertas putih di lantai. – Basahi jendela dengan air hangat/panas. Setelah itu, atur posisi gelas dan kertas, sampai pelangi nya muncul.

Cara 4 :
dengan meniup gelembung sabun disaat siang hari kita sudah bisa melihat warna-warni pelangi dari gelembung sabun itu.
 

1 komentar:

  1. yang nomor empat sering banget ditemui waktu kecil hehe. Bisa jadi dari situ juga, alam bawah sadar saya menyukai pelangi. hmmm.

    BalasHapus