Menghapal Itu Susah? Kata Siapa?

 


Menghapal itu udah jadi keseharian kita sebagai siswa-siswi sekolah. Banyak yang melempem duluan sebelum mulai untuk menghapal, kenapa? Soalnya mereka udah langsung ngomong kalo menghapal tuh susah. Ternyata nggak susah loh menghapal itu. Ini ada beberapa tips supaya teman-teman bisa menghapal pelajaran lebih mudah :
  • 1. Baca dan hapalkan seluruh materi pelajaran yang akan diujikan berulang-ulang sampai merasa sudah hafal betul.
  • 2. Kemudian kalau sudah merasa hapal betul, tutup bukunya dan lakukan relaksasi dengan cara berbarinf santai, tutup mata sambil mengatur nafas yang santai selama 30 menit.
  • 3. Setelah otak dan tubuh terasa santai dan dingin, ambil kertas dan pulpen, lalu tuliskan kembali semua yang dihapalkan di kertas, dengan menggunakan singkatan semacam jembatan keledai (Contohnya adalah untuk nama-nama planet di Tata Surya, Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto, disingkat menjadi mevebumayusaurnepto. )
  • 4. Lakukan terus berulang uji coba ini untuk satu materi pelajaran yang diujikan, jangan pindah ke pelajaran lain dulu.
  • 5. Setelah mampu mencapai hasil menulis kembali apa yang dibaca, 10 kali berturut-turut dan hasilnya sama baiknya, ambilah kertas yang berisi tulisan singkatan mata pelajaran tersebut dan tempel di dinding tempat belajar.
  • 6. Setiap hari, minimal hasil catatan tersebut di review dengan membuat catatan copy yang dikeluarkan dari otak, bukan dari kertas berisi singkatan itu.
  • 7. Gitu caranya, diulang terus untuk semua mata pelajaran yang ada ya.
Masi ngerasa susah juga untuk menghapal? Oke, kita kasi solusi kedua. Cara-caranya yang ini juga sama-sama lebih aplikatif. Mari kita cek teman :
  1. 1. Panca Indera Maksudnya adalah pada saat membaca, keterampilan memperhatikan perlu kita pelajari, soalnya bakal sulit untuk kalo kita ingin mengingat sesuatu tapi tidak memperhatikan dari awal. Dengan menggunakan kombinasi penglihatan (mata), bunyi (telinga), gerak (tangan dan kaki), bau (hidung), dan rasa (lidah), akan menciptakan memori terkuat, yakin!

  2. 2. Membuat Kesan Maksudnya adalah cara sesuatu dapat diingat membuat menjadi lebih berkesan, buat kesan objek yang akan kita ingat secara imajinatif dan berlebih-lebihan.
  3. 3. Mainkan Emosi Maksudnya adalah emosi dimainkan dengan kesan yang bermuatan cinta, kebahagiaan, dan kesedihan mudah untuk diingat. Dengan menggunakan kesan dari perasaan hangat, perasaan yang membuat jantng kita berdegup kencang dan memancarkan kebahagiaan, akan sangat membantu memori kita.
  4. 4. Imajinasi dan Asosiasi Maksudnya adalah pergunakanlah imajinasi dan asosiasi pribadi kita seperti anggota-anggota keluarga kita, rumah kita, kantor, teman-teman, peristiwa, dan hal-hal yang istimewa bagi kita.
  5. 5. Repitisi Maksudnya adalah usahakan untuk selalu konsentrasi secara penuh pada materi yang sedang dipelajari dan mengulangnya dengan cara yang berbeda dan kreatif seperti mengucapkan keras-keras dan lebih baik lagi apabila dibuat menjadi peta pikiran.
  6. 6. Password Maksudnya adalah usahakan mengingat bagian pertama dan terakhir karena bagian pertama dan terakhir paling mudah untuk diingat. Buat password untuk bagian-bagian tersebut dan jadikan keyword untuk mengingat bagian-bagian lain.
Ternyata mudah ya menghapal itu, silakan aplikasikan tips-tips ini untuk mempermudah belajar teman-teman. Semoga membantu yaaa
Tetap semangat!

Tidak ada komentar