Keren dan Canggih! Teknologi Virtual reality (VR) untuk Dunia Pendidikan



Teknologi Virtual reality (VR) untuk Dunia Pendidikan. Apakah Anda pernah mendengar tentang Virtual Reality (VR)? Sebagian orang memang masing asing dengan teknologi terbaru yang satu ini.

Teknologi Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang mampu membuat penggunanya bisa merasa berada di dunia virtual atau dunia maya. Ya, teknologi ini bisa membuat Anda seperti merasakan secara nyata suatu objek tiga dimensi (3D).

Anda memerlukan beberapa perangkat tambahan untuk bisa menggunakan teknologi ini. Perangkat tambahan yang bisa Anda gunakan, misalnya headset, headphone, smartphone, laptop/ komputer, dan joystick. Semua perangkat tersebut harus dirancang khusus agar bisa mendukung penggunaan VR.

Teknologi ini memang sangat menarik dan menakjubkan. Tidak heran jika banyak perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka yang berlomba-lomba untuk mengembangkannya. Apalagi ternyata teknologi yang satu ini memiliki banyak manfaat lho.




Manfaat Teknologi VR

Manfaat teknologi Virtual Reality (VR) dapat dirasakan di berbagai bidang dan kegiatan. Misalnya, bermain game, menonton film, pelatihan medis, simulasi menembak, uji coba kendaraan, membuat desain bangunan, dan lain sebagainya. Berbagai manfaat yang bisa diberikan teknologi ini membuat banyak orang semakin tertarik mencoba dan menggunakannya.

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata VR juga bermanfaat untuk dunia pendidikan lho. Ya, teknologi ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi para siswa. Media pembelajaran yang menggunakan teknologi ini tentunya akan meningkatkan rasa ingin tahu siswa, sehingga mereka tidak akan bosan ketika belajar.

Selain itu, teknologi ini juga bisa memudahkan tenaga pendidik seperti guru dan dosen untuk menyampaikan materi. Mereka bisa menggambarkan materi pembelajaran secara nyata dan membuat para siswa lebih mudah memahami pelajaran tersebut. Para tenaga pendidik juga bisa membuat berbagai simulasi pembelajaran.



Contoh Platform Pendidikan

Di luar negeri, salah satu pihak yang sudah menggunakan VR sebagai media pembelajarannya adalah Unimersiv. Unimersiv bekerjasama dengan Oculus dan Samsung Gear untuk membuat satu platform pendidikan berbasis teknologi VR. Platform ini berisi tentang berbagai simulasi. Misalnya, simulasi anatomi manusia, sejarah alam semesta, pengetahuan tentang tata surya, dan simulasi lainnya. 

Ternyata di Indonesia sendiri sudah ada sekolah yang menggunakan teknologi VR ini sebagai media pembelajaran. Sekolah tersebut adalah SMK Negeri 6 Kota Jambi yang bekerja sama dengan SHINTA VR. Platform pendidikan tersebut disebut Millealab yang berbasis cloud computing.

Teknologi ini memang sangat penting bagi dunia pendidikan di masa depan. Ya, karena generasi milenial saat ini lebih menyukai pembelajaran yang menggunakan teknologi daripada pembelajaran dengan cara konvensional.

Teknologi Virtual Reality (VR) nantinya diharapkan mampu digunakan di banyak sekolah dan perguruan tinggi sebagai media pembelajaran. Jika hal ini dapat terwujud, maka kegiatan belajar mengajar akan berjalan lebih efektif dan efisien.


2 komentar:

  1. Mantap banget nih sesi belajarnya memanfaatkan teknologi VR. Aku langsung kebayang anime sword art online deh. Si pemainnya jadi masuk ke dunia virtual lewat VR. Jadi berasa belajar secara real ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, ngebayanginnya aja serasa seru banget ya

      dijamin anak-anak bakalan betah belajar di sekolah jika fasilitas ini udah tersedia di sekolah

      dijamin ntah tahun berapa, anak-anak akan menemui teknologi canggih ini

      karena untuk sekolah di Jambi aja juga memakai teknologi keren ini

      Hapus